Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Essay PKn Tentang Demokrasi Beserta Jawabannya Kelas 11

Pada soal soal yang kita bagikan pada kesempatan kali ini bukan lah soal pilihan ganda, melainkan soal essay atau uraian pelajaran pkn tentang demokrasi dan jawabannya. Dan disini kami bagikan hanya 5 contoh soal saja, namun dengan ini, diharapkan para siswa dapat lebih memahami ataupun memiliki kemampuan yang cukup sebagai bekal nanti saat ujian sekolah ataupun tes semester dilaksanakan.

Soal Essay PKn Tentang Demokrasi Beserta Jawabannya

Soal Lainnya :


Berikut ini contoh soal essay pkn kelas 11 tentang demokrasi beserta jawabannya :

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan demokrasi dan ceritakan secara singkat sejarah terbentuknya sistem demokrasi tersebut.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peradilan tidak memihak dan bebas pada prinsip demokrasi!

3. Sebutkan apa saja ciri-ciri demokrasi

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kepartaian pada ciri-ciri demokrasi.

5. Sebutkan macam-macam model demokrasi berdasarkan fokus perhatian.

Jawaban:


1. Istilah demokrasi sebenarnya berasal dari bahasa yunani, yaitu demokratia. Kata demokratia merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu kata demos yang artinya rakyat, dan kratos yang memiliki arti kekuasaan. Jadi, jika arti dari kedua kata tersebut digabungkan, maka istilah demokrasi memiliki arti kekuasaan rakyat.
Namun, dimasa modern saat ini istilah demokrasi secara umum memiliki arti sistem pemerintahan dengan memberikan kesempatan kepada seluruh warga negara dalam pengambilan keputusan. Selain itu, arti lain dari istilah demokrasi adalah rakyat memegang kekuasaan tertinggi.
Sistem demokrasi ini telah diterapkan sejak jaman yunani kuno. Dengan adanya sistem ini, rakyat dapat terlibat dalam mengambil sebuah keputusan yang menyangkut keberlangsungan suatu negara. Singkatnya, seluruh perkara yang berhubungan langsung dengan kenegaraan harus dibicarakan dengan rakyat.
Dengan diterapkannya sistem demokrasi ini, maka kita dapat merasakan sistem pemerintahan yang adil. Hal ini dikarenakan, rakyat aktif berperan dalam memilih pemimpin maupun wakilnya secara leluasa. Dengan begitu, warga Indonesia berharap keadilan dan kesejahteraan bisa dirasakan.

2. Peradilan Tidak Memihak dan Bebas
Artinya, pemerintah tidak bisa ikut campur dalam urusan peradilan. Hal ini dikarenakan sistem pemerintahan menganut peradilan bebas. Netralitas sangat diperlukan, sehingga bisa melihat permasalahan dengan tepat dan jernih. Sehingga, hakim mampu bekerja dengan baik dalam menemukan keadilan. Kemudian, menentukan keputusan yang adil dalam setiap masalah yang ditanganinya.

3. Negara dikatakan telah menganut sistem demokrasi apabila ciri-ciri pada demokrasi telah diterapkan. Berikut adalah ciri-ciri demokrasi!
a) Seluruh keputusan ditetapkan oleh pemerintah.
b) Menerapkan ciri konstitusional
c) Memiliki Perwakilan Rakyat.
d) Menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu)
e) Terdapat sistem partai

4. Sistem Partai pada Ciri-ciri Demokrasi
Partai sendiri merupakan salah satu sarana dalam pelaksanaan sistem demokrasi. Dengan adanya suatu partai, rakyat dapat menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah dengan sah.
Partai sendiri berfungsi dalam hal pengawasan kinerja pemerintah apakah sesuai dengan aspirasi warga Negara. Selain itu, partai juga dapat mewakili rakyat dalam mengusung calon pemimpin, baik Negara maupun pemimpin daerah.

5. a) Demokrasi Formal
Pada sistem ini tidak mengurangi kesenjangan ekonomi sedikit pun, dan lebih fokus pada sektor politik.
b) Demokrasi Material
Pada sistem ini tidak mengurangi kesenjangan politik sedikit pun, dan lebih fokus pada bidang ekonomi.
c) Demokrasi Gabungan
Pada sistem ini merupakan gabungan antara demokrasi material dan demokrasi formal.


Demikianlah 5 contoh soal uraian tentang demokrasi beserta jawabannya. Semoga bermanfaat buat kalian sedang belajar tentang pelajaran atau materi pkn di kelas ataupun dirumah.

Post a Comment for "Soal Essay PKn Tentang Demokrasi Beserta Jawabannya Kelas 11"